Jumat, 04 November 2011

Cetak ID Card, Printer ID Card dan Mesin ID Card

Pengertian Cetak ID Card adalah sebuah proses industri atau percetakan untuk memproduksi massal suatu tulisan atau gambar terutama dengan tinta diatas kertas atau kartu dengan menggunakan sebuah mesin cetak, printer, sablon ataupun offset. Ini merupakan sebuah bagian penting dalam pencetakan. Banyak ID Card sekarang ini khususnya kartu member atau kartu pasien biasanya dicetak menggunakan teknik percetakan offset. Biasanya image yang akan dicetak terlebih dahulu dilukiskan ke atas pelat offset dengan bantuan printer laser kemudian pelat ini akan diolah mesin cetak menjadi pola penintaan yang akan ditimpakan ke atas kertas cetak yang akan dibuatkan ID Card. Warna-warna bisa didapatkan dengan menimpakan beberapa pola warna dari setiap pelat offset sekaligus. Dikenal pula teknik cetak poly untuk pemberian kesan emas dan perak keatas permukaan dan cetak emboss untuk memberikan kesan menonjol pada kartu ID Card.


Dalam beberapa dekade terakhir ini, kemajuan ID Card ini hampir dapat dirasakan di semua bidang kehidupan,  baik di kota besar maupun di wilayah pedesaan, baik pegawai negri maupun swasta, baik pemerintah, rumah sakit, asuransi, organisasi, partai dll. Di antara sekian banyak  kemajuan ID Card yang telah dicapai, yang paling dirasakan dan paling menyentuh kehidupan masyarakat sekarang ini adalah sebagai Tanda Pengenal Karyawan, Akses, Pembayaran Kartu Kredit, ATM, Member, Parkir, Visitor, Voucher dll. Dengan adanya kemajuan tersebut, setiap orang dari berbagai negara di dunia mampu dengan cepat melakukan komunikasi ataupun transaksi ke mana saja dan kapan saja dengan cepat dan akurat ke seluruh penjuru dunia. 

Dalam dunia ID Card banyak dikenal berbagai macam dan bentuk, spesifikasi dan kegunaan ID Card itu sendiri seperti :

1. Kartu Magnetic
Kartu jenis ini mempunyai bentuk atau tanda panel hitam di belakang kartu yang berguna untuk menyimpan data sebagai rahasia dari sipemegang kartu. Kartu ini mempunyai dua jenis yaitu magnetic HICO dan LOCO. Perbedaannya sendiri ialah jika pada Magnetic LOCO hanya dapat menyimpan data sebanyak satu track, lain halnya di Magnetic HICO yang dapat menyimpan data hingga 2-3 track . Dan cara penggunaanyapun cukup hanya dengan menggesekkan atau memasukkan kartu magnetic pada reader pembaca guna melancarkan proses transaksi dan sebagainya.

2. Kartu Proximity
Secara fisik kartu ini hampir sama dengan kartu biasa ( khusus untuk yang tipis ) tetapi jika kita teliti ada perbedaan yang terdapat pada kartu proximity yaitu ada chip atau program didalam kartu. Jika kita tidak mempunyai reader pembaca proximity, kita dapat membedakan antara kartu proximity dengan kartu biasa dengan cara memperhatikan bagian dasar kartu. Jika terdapat lekukan atau condong pada kartu, sudah pasti kartu tersebut adalah kartu proximity, tetapi jika tidak, sudah dipastikan kartu tersebut adalah blank card biasa. Selain yang tipis kartu proximity juga ada yang berbentuk tebal. Kartu ini banyak digunakan sebagai door akses, absensi, parkir, akses masuk suatu tempat dan sebagainya. 

3. Kartu Chip
Teknologi serba cepat kartu dengan chip membantu meningkatkan kecepatan dan kegunaan pembayaran elektronik untuk pemegang kartu kredit dan pedagang. Teknologi chip juga dapat membantu mengurangi pembobolan kartu ataupun resiko keamanan lainnya.

Kartu chip adalah kartu yang dilengkapi dengan“integrated circuit” dengan menggunakan standar yang telah berlaku secara internasional di berbagai belahan dunia. Chip ini telah dilengkapi dengan microprocessor yang dapat menyimpan data dalam jumlah besar, memproses berbagai aplikasi dan mampu melakukan enkripsi dan otentifikasi data. Kelebihan inilah yang membuat chip unggul dibandingkan teknologi sebelumnya. Penggunaan magnetic stripe sebelumnya bukan berarti tidak aman, keamanan yang telah didapat dari magnetic stripe lebih diperkuat dengan penggunaan teknologi chip.

Cetak ID Card


Bagian penting yang sangat menunjang pencetakan ID Card selain design grafis adalah Printer atau media cetak, dimana printer atau media cetak adalah semua teknologi, mesin cetak yang membuat gambar atau image pada kertas atau kartu yang diambil dari data / file komputer. Menghasilkan turunan cetak pertama atau cetak asli dimana setiap cetakan bisa unik dan berubah. Ciri ini memberikan personalisasi bahan cetakan, semua dokument bisa menjadi individual. Teknologi tinta yang dipakai bisa inkjet, infus, wax-transfer, thermal tranfer ataupun toner. 

Beberapa printer yang dapat menunjang Cetak ID Card diantaranya Printer Epson, Canon dll. Namun yang lebih baik dari segi kualitas, efisiensi dan waktu adalah dengan Printer ID Card. Dimana printer ID Card ini dapat mencetak berbagai macam design kartu baik dari yang biasa, gradasi, sparasi ataupun full blok sekalipun, dengan kecepatan 150-200 kartu per jam akan lebih menghemat waktu dibanding menggunakan media yang lain. Printer ID Card terbagi menjadi 2 jenis yaitu single side ( satu sisi ) dan double side ( dua sisi ). Perbedaan antara single side dan double side adalah diproses pencetakannya saja, jika di single side hanya bisa mencetak satu sisi,sekali print, di double side secara otomatis kartu akan mencetak depan dan belakang hanya dalam satu kali print. Selain untuk mencetak design ID Card, printer id card juga berguna sekali untuk mencetak nama pada kartu yang telah tercetak background sebelumnya, menghemat waktu, tenaga dan operasional tentunya

Datacard SD260

Evolis Primacy





Bukti Kirim

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami:

1 komentar:

  1. Apakah ada cabangnya di Bandung ?
    Berapa harga cetak ID card dgn Chips untuk kurang lbh 30.000 kartu.
    Saya sdh sms tapi belum ada respon

    BalasHapus